Analisis dan Saran Perbaikan Pembelajaran Mata Kuliah Fitogeografi Pohon

Fakultas Kehutanan
Universitas Gadjah Mada
Adirhesa Hermawan ( 15/385635/KT/08144 )

A. Analisis Pembelajaran Fitogeografi Pohon

Pembelajaran fitogografi pohon selama ini sudah cukup efektif dan dapat membuat mahasiswa cukup paham dengan penjelasan gambar melalui slide dan rangkuman singkat yang tertulis didalam slide. Materi  yang diberikan juga sangat sesuai dengan pembelajaran mata kuliah fitogeografi pohon sehingga mahasiswa dapar secara maksimal mengerti tentang bahan ajar mata kuliah fitogeografi pohon yang diberikan. Pembelajaran yang diberikan tidak hanya mengenai mata kuliah tetapi juga diberikan materi tentang karakter agar menjadi mahasiswa yang dapat menjalankan perannya secara maksimal. Pembelajaran itu cukup bagus untuk menambah pengetahuan mahasiswa untuk menjadi seorang mahasiswa yang baik dan dapat berprestasi baik dibidang akademik maupun non akademik. Slide yang berisi gambar serta penjelasan singkat tentang materi fitogeografi dapat dipahami dengan baik. Tetapi dalam pembelajarannya terdapat kekurangan yaitu kurangnya latihan soal setelah materi diberikan karena dengan latihan soal mahasiswa dapat memahami lebih baik tentang materi yang sudah diberikan serta latihan soal mampu menunjang pengetahuan mahasiswa dalam menganalisis bentuk soal yang akan dikeluarkan pada saat ujian tengah semester maupun ujian akhir semester. Tetapi secara keseluruhan pembelajaran fitogeografi pohon cukup efektif untuk membuat mahasiswa paham tentang materi yang diberikan.

B. Saran Pembelajaran Fitogeografi Pohon Setelah UTS

Pembelajaran fitogeografi pohon sudah cukup baik dan efektif tetapi terdapat kekurangan dalam pelaksanaannya. Saran perbaikan saya untuk pembelajaran fitogeografi pohon setelah UTS adalah sebagai berikut              :

  1. Adanya latihan soal setelah pembahasan materi selesai, hal ini bertujuan untuk melatih mahasiswa untuk lebih memahami materi yang sudah dijelaskan. Karena dengan latihan soal ilmu yang didapatkan setelah materi diberikan dapat tersalurkan langusung melalui latihan soal. Mahasiswa juga mampu menganalisis soal apa saja yang penting dan biasa dikeluarkan dalam ujian tengah semester maupun ujian akhir semester.
  2. Diberikan suatu masalah yang berhubungan dengan materi ajar fitogeografi pohon dan mahasiswa berdikusi untuk menyelesaikan masalah tersebut. Hal ini dapat mengembangkan pemikiran mahasiswa tentang materi yang sudah dijelaskan serta setiap mahasiswa dapat saling bertukar pendapat dan pikiran mengenai masalah yang diberikan.
  3. Pendidikan karakter mahasiswa yang biasa diberikan pada saat jam awal masuk mata kuliah fitogeografi pohon agar ditambah waktu dalam pelaksanaannya. Karena pendidikan karakter tersebut sangat penting untuk mahasiswa agar menjadi mahasiswa yang berprestasi. Pengalaman-pengalaman dosen pengajar sangatlah bermanfaat untuk perkembangan pemikiran mahasiswa dalam menjalani perkuliahan. Diharapkan dengan ditambahnya waktu dalam pelaksanaannya mahasiswa menjadi lebih mengerti dan paham tentang peran sebagai mahasiswa yang tidak hanya berprestasi dalam bidang akademik tetapi juga berprestasi dalam bidang non akademik.
  4. Pada setiap akhir jam pembelajaran diadakan games tanya jawab tentang materi yang sudah diajarkan dan setiap mahasiswa yang dapat menjawab games tersebut akan mendapatkan nilai tambahan. Dengan diadakan games tanya jawab dapat membuat mahasiswa terpacu untuk selalu belajar sebelum pembelajaran fitogeografi pohon dimulai. Diharapkan dengan adanya games tanya jawab tersebut dapat membuat mahasiswa lebih giat dan rajin belajar karena pada dasarnya setiap mahasiswa berkeinginan untuk memperoleh nilai yang maksimal disetiap mata kuliah yang diajarkan pada saat perkuliahan.
  5. Pada saat pembelajaran berakhir hardcopy  dari slide yang telah dijelaskan oleh dosen pengampu dibagikan ke salah satu dari mahasiswa untuk dibagikan kembali ke seluruh mahasiswa agar semua mahasiswa mempunyai pedoman terhadap materi kuliah yang telah diajarkan sehingga pada saat tidak ada perkuliahan mahasiswa dapat belajar dari hardcopy tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.